Cara Promosi Menarik Pembeli Di Sosial Media

Spread the love

Menarik perhatian pembeli adalah tujuan utama dari dilakukannya promosi oleh pemilik usaha. Promosi di sosial media dapat menekan biaya promosi karena tidak perlu mencetak promosi tersebut dalam bentuk fisik, cukup dengan mengunggahnya ke media sosial. Promosi yang menarik akan membuat produk yang biasa saja menjadi terlihat sangat menarik bagi konsumen. Sebaliknya, jika promosi yang dilakukan kurang maka akan membuat produk sebagus apapun akan terlihat biasa saja atau bahkan menjadi kelihatan membosankan bagi pembeli. Dalam melakukan promosi produk yang dimiliki harus  memperhatikan banyak hal dengan menonjolkan produk tersebut tetapi jangan sampai menjatuhkan produk lain yang sejenis. Sekarang akan dibahas bagaimana cara promosi yang menarik di media sosial agar dapat menarik pembeli, yaitu sebagai berikut

Membuat Desain Grafis Yang Menarik

Promosi di media sosial sangat bergantung kepada kualitas gambar dan desain dari promosi yang dibuat. Semakin menarik desainnya maka akan semakin menarik perhatian orang ketika tidak sengaja melihatnya di media sosial. Hal yang menarik bagi orang saat melihat iklan atau promosi di sosial media adalah visualnya yang menarik mata. Setelah matanya tertarik maka calon pembeli akan penasaran dengan produk yang diiklankan dan mengunjungi toko yang mengiklankan barang tersebut. Promosi bermodalkan foto dan desain grafis yang menarik dapat membuat pembeli tertarik dengan produk Anda dikarenakan itu dianggap sudah sangat cukup menggambarkan produk tersebut tanpa perlu banyak kata yang harus dituliskan oleh Anda di keterangan fotonya sehingga lebih mudah dibaca oleh calon pembeli produk Anda.

Membuat Program Giveaway

Giveaway merupakan cara promosi yang sangat banyak diminati para pemilik toko online karena hanya dengan menyediakan dua atau tiga produk gratis untuk konsumen. Syarat untuk mendapatkan hadiah giveaway adalah dengan mengikuti akun media sosial toko dan mengupload ulang postingan dari toko. Hal tersebut merupakan promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh konsumen dari toko tersebut. Postingan dari konsumen tersebut juga akan tersebar sehingga lebih banyak lagi yang tahu tentang toko yang mengadakan giveaway tersebut. Informasi tentang toko akan tersebar dengan sendirinya tanpa memerlukan banyak biaya dan hanya bermodalkan dengan beberapa produk gratis. Promosi ini akan sangat efektif karena banyaknya orang yang menginginkan produk gratis tanpa perlu repot membeli tetapi bisa punya produk Anda hanya dengan mengikuti syarat yang Anda ajukan tersebut.

Membuat Postingan Tentang Manfaat Ataupun Kegunaan Produk

Postingan tentang manfaat dan kegunaan ataupun keunggulan produk akan membuat calon pembeli seolah tahu tentang produk tersebut secara detail tanpa perlu melihat langsung produknya. Postingan sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam dan dijelaskan secara detail sehingga sangat mendeskripsikan produk dengan tepat. Postingan sebaiknya juga tidak terlalu melebih-lebihkan produk yang dijual sehingga jauh dari kenyataan produk itu sendiri. Postingan Anda juga tidak boleh menjelek-jelekkan produk serupa atau pesaing. Postingan yang beradab akan membuat bisnis online Anda juga disegani oleh pesaing-pesaing Anda karena dianggap adalah orang baik sehingga saingan Anda akan menaruh rasa hormat pada toko Anda dan tidak akan berusaha menjatuhkan Anda,

Menggunakan Program Paid Promote

Paid promote adalah kegiatan promosi produk yang dilakukan secara online dengan tujuan untuk dana usaha suatu acara. Paid promote biasanya dijalankan oleh suatu kepanitiaan yang membutuhkan dana lebih untuk menjalankan acaranya sehingga memberdayakan anggota panitia untuk membuat postingan tentang produk yang telah membayar sesuai ketentuan yang dimiliki oleh kepanitiaan tersebut. Sistem paid promote ini dilakukan di aplikasi sosial media Instagram dengan membuat postingan atau insta story tentang produk tersebut yang akan di post dalam kurun waktu tertentu sesuai nominal yang dibayar pemilik produk. Setelah mencapai tenggat waktu yang ditentukan maka postingan tersebut akan dihapus oleh semua akun panitia untuk diganti dengan paid promote yang lain.  Cara ini dinilai cukup efektif karena pengikut dari akun panitia otomatis akan melihat postingan tersebut.

Menggunakan Media Pribadi

Selain sosial media toko yang perlu dioptimalkan, Anda juga bisa menggunakan sosial media pribadi Anda sendiri untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Dengan memanfaatkan jaringan yang Anda punya maka Anda akan bisa menyebarluaskan produk Anda dengan biaya yang seminimal mungkin dikarenakan Anda mengurus semua kegiatan promosi sendiri. Walaupun cara ini masih dinilai kurang efektif karena sangat bergantung pada koneksi yang dimiliki oleh pemilik produk. Namun, jika Anda termasuk ke dalam orang yang memiliki jaringan yang luas maka Anda dapat melakukan promosi dengan cara ini untuk menghemat pengeluaran dalam hal promosi.

Sosial media pribadi dapat pula dioptimalkan sebagai pusat informasi tentang produk yang dijual jika Anda sudah memiliki cukup banyak pengikut dan enggan untuk membuat sosial media baru karena dianggap harus mencari pengikut dari awal lagi. Jika pengikut Anda sudah ribuan maka itu sudah cukup untuk membuat produk Anda akan cukup dikenal di kalangan pengikut Anda. Memperkecil biaya promosi dapat dilakukan jika Anda ingin mengembangkan bidang yang lain dalam bisnis online Anda.

Menggunakan Cara Endorsemen

Endorsemen adalah cara paling menguras biaya untuk promosi online dikarenakan Anda harus membayar orang ternama ataupun artis untuk berfoto dengan produk Anda. Meskipun demikian, cara ini masih sangat diminati dikarenakan banyaknya pengikut yang dimiliki oleh seorang artis. Hal ini akan sangat memudahkan Anda menjangkau banyak orang dalam sekali posting. Sistem ini juga mudah mempengaruhi penggemar yang sudah fanatik kepada artis idolanya sehingga akan cenderung menggunakan apapun yang idolanya rekomendasikan atau gunakan.

Menggunakan artis sebagai wajah dari produk Anda juga dapat mengangkat produk Anda lebih tenar dan dilihat oleh pasar yang lebih luas dari sebelumnya. Biaya yang dikeluarkan oleh Anda dapat mencapai jutaan ataupun puluhan juta tergantung pada harga yang dipatok oleh artis yang Anda inginkan untuk mempromosikan produk Anda. Setelah sang artis setuju, maka Anda harus mengirimkan produk terbut ke artis untuk diambil fotonya bersama produk Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan foto tersebut untuk promosi di akun Anda ataupun meminta ke artisnya untuk membuat postingan di sosial medianya.